facebook_pixel
5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

Di setiap perusahaan, rasanya meeting sudah pasti menjadi bagian penting yang mungkin menjadi hal yang sering kali dilakukan. Perkara itu pun lantas perlu dipikirkan dengan baik. Ya, ketika mencari tempat untuk meeting pertimbangan soal lokasi, dana, serta jumlahnya peserta meeting harus dipikirkan dengan baik. Dan di balik itu semua, hal yang tidak kalah penting untuk diperhitungkan adalah terkait anggaran dana untuk tiap pertemuan meeting yang diadakan di luar kantor.

Ya, agar keuangan perusahaan bisa berjalan lancar, ada beberapa cara yang perlu dilakukan demi menekan biaya meeting agar tidak membludak.

Dan, seperti dipelajari dari industri meeting di Negeri Paman Sam; bahwasanya ekonomi yang tumbuh melamban tak mengekang bisnis penyelenggara pertemuan. Adapun hal-hal yang bisa ditekan untuk menghemat biaya meeting tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menemukan penawaran ruang meeting yang istimewa.

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

Sumber foto: http://www.ifr.fr/

Di masa yang serba canggih seperti sekarang ini rasanya menemukan ruang meeting dengan tawaran istimewa rasanya bukan hal yang susah untuk dilakukan. Jika perusahaan Anda ingin mengadakan pertemuan di luar kantor, maka browsing terkait penawaran ruang dengan harga yang tidak tinggi bisa jadi cara pertama untuk dilakukan. Jangan sungkan untuk menanyakan dan menjadikan beberapa restoran atau hotel sebagai pilihan. Tentu saja dengan begitu perusahaan Anda lantas bisa memberikan pilihan agar harga yang memang sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.

2. Kalau perusahaan Anda sudah memiliki “tempat langganan” untuk meeting jangan ragu pula menanyakan perihal potongan harga.

yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

Sumber foto: https://www.linkedin.com/

Seperti yang diungkapkan oleh Robin E. Craven, seorang meeting planner yang mengatakan, “Jujurlah kepada vendor Anda bahwa kebutuhan meeting Anda tidak lagi sebanyak sebelumnya.” Dengan begitu, pihak perusahaan Anda dan vendor bisa menyepakati perihal potongan harga dengan tidak perlunya memutus “langganan” yang mungkin sudah terjalin lama. Adanya kesepakatan yang terjalin, rasanya bukan tak mungkin akan membuat kedua belah pihak sama-sama merasakan sisi positifnya dan tidaklah perlu gengsi untuk mengutarakan budget yang memang disediakan dari perusahaan.

3. Jujur dan tidak gengsi perihal keuangan atau budget memang cukup penting untuk dilakukan.

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

Sumber foto: https://twitter.com/

Perihal jujur dan tidak gengsi masalah keuangan atau budget yang disediakan perusahaan memang jad cukup penting dilakukan. Ya, pihak Anda memang perlu jujur kepada mereka mengenai hal tersebut. Seperti yang harus dipahami kalau kunci sukses dalam bekerja sama dengan klien adalah memahami tujuan dan kebutuhan meeting, seberapa besar anggaran, dan seberapa berkualitasnya pelayanan dengan anggaran yang tersedia. Karena alasan itulah semuanya perlu dikomunikasikan secara terbuka. Dengan begitu pihak venue pun akan berusaha sebisa mungkin untuk melayani kebutuhan meeting perusahaan Anda sesuai dengan anggaran yang kamu punya.

4. Memilih tempat, seperti hotel atau restoran yang sepi bisa jadi pilihan.

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

Sumber foto: http://sajiansambara.com/

Sebagai perusahaan yang ingin mengadakan meeting, ada hal yang memang perlu benar-benar diperhatikan demi memaksimalkan minimnya anggaran. Hal tersebut antara lain terkait waktu, harga, dan ruang. Sebagai contohnya, bila meeting planner mampu meyakinkan klien soal waktu kapan hotel atau restoran bisa memberi potongan harga, atau kapan lokasi tersebut bisa memberikan penawaran khusus, maka perusahaan Anda sebagai klien akan bisa memeroleh program meeting yang terbaik.

Hal itu mungkin saja terjadi lantaran industri meeting selalu membangun hubungan baik dengan para pelakunya. Manajemen hotel dan restoran pun rasanya akan dengan senang hati memberikan data perihal kapan ruang pertemuan mereka bisa jadi fleksibel. Keseluruhan hal itulah yang akan membuat perusahaan Anda mendapatkan waktu dan harga terbaik.

5. Perhitungan soal akomodasi juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh luput diperhitungkan dengan detail.

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menekan Biaya Meeting Perusahaan Anda

Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Satu lagi yang tidak kalah penting dan jangan sampai luput diperhitungkan adalah soal akomodasi. Perhitungan soal lokasi meeting dan kantor, misalnya. Seberapa jauh jarak dan seberapa banyak kendaraan yang dibutuhkan perlu juga diminimalisasikan. Belum lagi kalau keadaan meeting tersebut memerlukan waktu lebih untuk menginap. Jelas perusahaanmu perlu menghitung biayanya dengan baik agar tidak ada pembengkakan biaya yang tak diharapkan.

Persoalan meeting buat perusahaan Anda yang berada di Yogyakarta rasanya tak perlu memusingkan hal-hal tersebut. Sebab, keberadaan Mandira Baruga bisa menjadi solusi terbaik. Dimana Mandira Baruga memang menyiapkan beberapa pilihan ruang meeting yang bisa menjawab masalah budget keuangan perusahaanmu.

Sebab Mandira Baruga memiliki Gazebo Garden Restaurant yang bisa digunakan untuk meeting atau pertemuan acara kantor Anda dalam kapasitas yang besar. Resto dengan konsep semi terbuka beraksitektur Jawa ini seperti bisa menjamin jika acara makan malam atau jamuan makan siang dalam rapat maupun acara yang berjalan akan menjadi sempurna.
Adapun pilihan ruangan yang tersedia sebagai berikut:

  • Ayodya Meeting Room dengan kapasitas ruang Theater untuk 150 orang dan U Shape untuk 50 orang.
  • Syafa Meeting Room dengan kapasitas ruang U Shape untuk 25 orang, ruang Class 32 untuk 32 orang, dan ruang Theater untuk 55 orang.
  • Marwah Meeting Room dengan kapasitas ruang U Shape untuk 25 orang, ruang Class 32 untuk 32 orang, dan ruang Theater untuk 55 orang.
  • Mandira Ballroom dengan kapasitas ruang U Shape untuk 55 orang, Double U Shape untuk 130 orang, ruang Class untuk 240 orang, dan ruang Theater untuk 400 orang.

Dan, untuk tahu bagaimana lebih lengkap soal harga terkait dari ruang meeting tersebut, pihak perusahaan Anda bisa langsung saja menghubungi (0274) 375705  atau datang langsung ke Jalan Brigjen Katamso, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Leave a Comment: