facebook_pixel
7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Pada saat Anda dan pasangan sudah mulai mempersiapkan segala macam persiapan jelang pernikahan, salah satu hal yang bisa jadi begitu memenuhi pikiran adalah perkara tamu undangan. Dan, seperti nggak bisa lagi dipungkiri jika perihal tamu undangan turut menjadi penentu jumlah nominal biaya yang akan kamu keluarkan untuk pesta pernikahan.

Makanya tidak heran kalau banyak calon pengantin yang benar-benar memperhitungkan seberapa banyak tamu yang akan diminta untuk datang.

Nah, buat para calon pengantin yang mau meringkas jumlah tamu undangan, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Untuk tahu jelasnya, langsung simak. Dan inilah 7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan Anda.

1. Setelah menentukan venue pernikahan, Anda perlu memulai dengan menentukan presentase.

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Sumber foto: https://www.flickr.com/Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan venue pernikahan, sebab nggak bisa dipungkiri kalau lokasi pernikahan akan begitu memengaruhi. Setelah menentukan lokasi atau gedung pernikahan, maka selanjutnya Anda harus membuat presentase dari tamu undangan. Perhitungannya adalah sebagai berikut, 50% undangan untuk tamu Anda dan pasangan, dan 25% lainnya untuk tamu dari masing-masing orangtua.

Namun, akan jadi hal yang berbeda jika dalam pernikahan tersebut orangtua Anda turut memberi bantuan dana pernikahan. Kalau begitu adanya, mau tak mau Anda dan pasangan memang harus memberikan presentase yang lebih tinggi pada mereka. Ya, sebab itu memang sudah seperti jadi kewajiban Anda dan pasangan untuk mengalah, membiarkan orangtua Anda menentukan sendiri jumlah tamu undangan mereka dan Anda beserta pasangan mendapatkan “kuota sisa” undangan.

2. Memberikan pengarahan pada orangtua terkait siapa saja yang akan diundangnya juga menjadi penting dilakukan.

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Sumber foto: http://www.nyoozee.com/

Mungkin memang jadi hal yang agak sulit jika sampai hari ini hidup Anda masih dipengaruhi oleh orangtua. Namun, demi meringkas tamu undangan, Anda dan pasangan bisa saja memberikan “pengarahan” secara spesifik pada orangtua untuk benar-benar menyeleksi daftar tamu undangan. Ya, hal ini rasanya memang harus segera kamu lakukan sebelum orangtua Anda sibuk menghubungi teman-teman, keluarga, dan kerabat lain untuk menghadiri pesta pernikahan Anda.

3. Membuat tingkatan tamu undangan jangan sampai luput dari perhitungan.

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Sumber foto: http://www.flowersngiftonline.com/

Hal yang tidak boleh luput dari perhitungan adalah tingkatan tamu undangan yang harus Anda buat. Anda perlu membuatnya dari kepentingan dan seberapa dekatnya Anda dengan mereka. Misalnnya, pertama Anda mulai dengan mendaftar para keluarga yang akan Anda undang ke sana. Diikuti dengan memilih teman-teman terdekat, baru dilanjutkan dengan kolega yang lainnya. Dan dengan membuat tingkatan tersebut, rasa bersalah yang karena menghabis nama mereka yang tidak terlalu dekat dengan Anda nggak perlu dipikirkan. Sebab, mau tidak mau Anda harus memperhitungkan dan menyesuaikannya dengan kuota tamu undangan yang sudah Anda siapkan, bukan?.

4. Melakukan tes selama satu tahun untuk mereka yang benar-benar dekat dengan Anda juga bisa jadi caranya.

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Sumber foto: http://www.nyoozee.com/

Jika saja Anda dan pasangan masih merasa bingung dengan tingkatan tamu tersebut, maka nggak salah kalau Anda membuat semacam tes satu tahun. Dimana tes tersebut bisa membantu Anda memilih dan melihat siapa-siapa saja mereka yang benar-benar dekat dengan Anda dalam satu tahun belakangan ini. Teman lama yang masih berhubungan dengan Anda dalam satu tahun ke belakang, maupun teman baru, itu saja yang jadi pertimbangan. Jadi, daftar tes selama satu tahun tersebut akan sangat membantu Anda dalam menentukan siapa-siapa saja yang memang layak untuk Anda undang sebagai tamu di pesta pernikahan Anda.

5. Tinggalkan rasa bersalah jelas jadi begitu perlu Anda lakukan.

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Sumber foto: https://www.theodysseyonline.com/

Kenapa meninggalkan rasa bersalah perihal mengundang mereka untuk datang ke pernikahan Anda jadi begitu penting untuk dilakukan? Karena pada dasarnya Anda memang nggak perlu mengundang seseorang hanya karena merasa bersalah atau tidak enak jika nggak mendundang mereka. Jika memang seseorang tersebut berada di tingkatan yang jauh dari daftar tamu undangan Anda, maka memang sebaiknya Anda mencoretnya dalam daftar.

Dan jika nantinya Anda mendapatkan banyak pertanyaan perkara mengapa mereka nggak diundang, maka jangan ragu juga untuk meminta maaf dan memberikan pengertian atas jumlah undangan yang terbatas. Berangkat dari hal tersebut jadi jelas juga rasanya kalau perkara menentukan jumlah undangan memang begitu dibutuhkan kerja keras dan pengertian, nggak cuma dari calon pengantin saja tapi juga dari para orangtua.

6. Solusi lainnya adalah dengan Anda membuat konsep pernikahan Anda jadi lebih pribadi.

7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Demi Meringkas Jumlah Tamu Undangan di Hari Pernikahan

Sumber foto: http://frover.progressionstudios.com/

Bisa dikatakan, solusi satu ini menjadi cara yang paling mudah untuk menjaga daftar tamu undangan Anda supaya tidak membludak. Ya, dengan membuat konsep pernikahan yang lebih pribadi. Dengan kata lain, Anda bisa banget menyelenggarakan acara pernikahan untuk keluarga dan teman-teman terdekat Anda saja. Kalau Anda masih memiliki rezeki lebih, setelah bulan madu, misalnya, maka Anda bisa saja mengadakan acara makan-makan bersama dengan teman kantor atau teman lain yang saat lalu belum diundang. Dengan begitu, Anda akan bisa jauh lebih menghemat dan mendapatkan suasana pernikahan yang lebih intim dan sakral.

7. Dan, jangan lupa untuk mengantisipasi hal-hal yang ada di luar dugaan Anda.

Meskipun Anda sudah membuat daftar undangan sedemikian rupa ringkasnya, Anda juga tetap jangan lupa untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi di luar dugaan Anda. Seperti misalnya, ada beberapa tamu yang nggak bisa datang atau bahkan mereka yang datang dengan membawa lebih dari satu orang temannya. Jelas hal tersebut haruslah dipikirkan karena akan berhubungan erat dengan jumlah katering yang perlu Anda siapkan.

Itulah 7 tips yang bisa Anda terapkan dalam meringkas jumlah tamu undangan yang akan Anda undang dalam pernikahan Anda. Semoga tips tersebut memang bisa benar-benar membantu Anda dalam menentukan siapa-siapa saja dan berapa banyak jumlah tamu yang akan Anda undang dalam hari bahagia Anda. Jangan lupa untuk memilihnya dengan cermat, ya. Dan, selamat mempersiapkan hari pernikahan Anda.

Leave a Comment: