facebook_pixel

Cara Mengadakan Pernikahan di Yogyakarta Dengan Biaya Terjangkau

Secara kodrat setiap makhluk itu berpasangan. Begitu juga dengan manusia sehingga sudah menjadi hal lumrah apabila seseorang berencana menikah apabila sudah dewasa.

Berbicara mengenai prosesi pernikahan maka akan terlintas di benak kita, sesuatu hal yang memerlukan biaya besar. Hal inilah menjadi salah satu alasan kenapa masih banyak orang menunda pernikahan dan bertahan dengan status lajang mereka, padahal seperti yang kita ketahui bahwa pernikahan merupakan gerbang awal untuk meneruskan garis keturunan dan berbagai manfaat lainnya.

Biasanya pernikahan bertema adat memerlukan banyak biaya karena sebelumnya pasangan yang hendak menikah akan melewati berbagai tahapan prosesi yang cukup rumit, dimana hal ini dapat membuat semakin membengkaknya biaya.

Pernikahan Yogyakarta menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat, mengingat mayoritas penduduk Indonesia berlatar belakang suku Jawa. Menikah itu sebenarnya tidak mesti mahal karena cukup dengan melakukan Akad Nikah maka kedua insan sudah resmi menjadi sepasang suami isteri. Namun sudah menjadi rahasia umum bahwa ada semacam perasaan “Gengsi” apabila mengadakan prosesi pernikahan sederhana.

Terkadang permintaan dari keluarga mempelai wanita yang ingin mengadakan  suatu pesta pernikahan meriah sehingga dapat meninggalkan kesan mendalam yang tidak terlupakan.

Tips Melangsungkan Penikahan di Yogyakarta Dengan Budget Mininum

Solusi terbaik untuk menyikapi masalah diatas yakni mengadakan pernikahan dengan memangkas pos pos pengeluaran yang bisa di buat minimalis. Artikel ini akan mengulas beberapa tips bermanfaat yang bisa anda lakukan untuk menghemat biaya pernikahan tanpa meninggalkan kesan meriah dan mewah. Jika anda sudah penasaran, silakan simak penjelasannya.

Souvenir, Tidak Perlu Mahal Asal Berkesan

Pos pertama yang bisa anda lakukan untuk memangkas biaya pernikahan Yogyakarta yaitu pemilihan Souvenir. Sebenarnya dalam memilih souvenir itu tidak perlu yang mahal dan mewah. Ajak pasangan atau kerabat mencari ide unik sehingga nantinya souvenir pernikahan yang akan diberikan kepada tamu undangan tidak terkesan murahan.

souvenir wedding yogyakarta

Image Source : myweddingfavors.com

Anda juga bisa mendatangi berbagai tempat yang biasa menjual souvenir pernikahan, biasanya ada katalog yang bisa anda lihat. Nah tahap selanjutnya yaitu anda harus melakukan perbandingan harga, cari yang termurah namun unik sehingga tamu undangan diharapkan menyukai-nya.

Menggunakan Jasa In-house Katering

Salah satu faktor utama meriahnya suatu pesta pernikahan yaitu kualitas dan citarasa masakan yang dihindangkan kepada tamu undangan. Apabila masakan yang enak maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi tuan rumah, mengingat tamu adalah Raja jadi urusan sajian makanan selama pesta tidak boleh sembarangan, harus benar benar lezat dan higienis.

catering yogyakarta

image source : detik.com

Anda dapat menggunakan jasa catering yang Anda hubungi dan pastikan Anda datang untuk melakukan test food yang biasa di adakan oleh catering. Bagi yang memiliki budget minim, coba gunakan jasa In-house catering di gedung tempat Anda menikah nanti, biasanya mereka sudah memiliki kerjasama dan memberikan harga bersahabat ketimbang menggunakan jasa catering yang tidak bekerja sama dengan gedung.

Menetapkan Jumlah Tamu Undangan

Tamu undangan yang banyak tidak menjamin pesta pernikahan akan meriah sebaliknya hal ini bisa menambah beban pengeluaran. Jadi solusi terbaiknya yakni hanya mengundang keluarga, kerabat dan teman dekat yang anda kenal saja. Anda bersama pasangan perlu membicarakan hal ini, bila perlu ajak bicara orang tua maupun calon mertua dalam menentukan jumlah tamu undangan.

Tahapan menentukan jumlah tamu undangan ini sebaiknya dilakukan jauh jauh hari sebelum membuat kartu undangan. Dengan mengundang orang orang terdekat maka pernikahan anda akan terasa lebih berkesan dan tentu saja lebih nyaman serta privat jika dibandingkan dengan mengundang orang yang kurang dikenal atau bahkan tidak kenal sama sekali ke acara pernikahan.

Orang yang kurang dikenal seperti teman jauhnya dari teman anda atau teman jauhnya dari temannya pasangan anda. Sebaiknya undang teman yang terhubung secara langsung dengan anda dalam kehidupan atau anda sering berinteraksi dengannya.

Lebih Baik Sewa Seragam Daripada Membeli

Salah satu cara menekan biaya pengeluaran resepsi pernikahan Yogyakarta dengan menganti rencana membeli busana dengan hanya menyewa-nya saja. Sebenarnya menyewa busana pernikahan menjadi langkah bijak mengingat pernikahan merupakan acara yang dilakukan sekali dalam seumur hidup jadi membeli busana berharga mahal tentu bukan pilihan terbaik.

sewa baju pengantin yogyakarta

Image source : wildflowerbridal.com

Coba anda bandingkan, anggap saja harga busana pernikahan untuk kedua mempelai dari perancang busana ternama memakan biaya 15 juta rupiah, hanya dipakai dalam 1 hari kemudian disimpan dan tidak terpakai lagi. Sedangkan opsi menyewa busana pernikahan mungkin anda hanya mengeluarkan kocek 5 juta saja, anda sudah dapat menghemat biaya pengeluaran sebesar 10 juta.

Pilih Kartu Undangan Minimalis Dan Elegan

Bagi sebagian pasangan yang hendak menikah seringkali memilih desain kartu undangan mewah yang mahal. Tujuannya sebenarnya untuk menunjukan status sosial atau kemapanan keluarga pasangan yang akan menikah. Padahal jika kita pikirkan kembali, sebenarnya tujuan utama dari kartu undangan hanyalah untuk memberikan informasi terkait tanggal dan lokasi suatu acara pernikahan.

Cara Mengadakan Pernikahan di Yogyakarta Dengan Biaya Terjangkau

Image Source : http://papertruly.com

Jadi dapat dikatakan bahwa kartu undagan nantinya akan berakhir juga di tempat sampah, karena orang biasanya akan segera membuangnya setelah mengetahui atau  selepas tanggal pernikahan. Langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan penghematan yakni dengan cara mendatangi setiap percetakan dan meminta rekomendasi desain kartu undangan minimalis yang cantik sesuai budget yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Selanjutnya anda tinggal menyeleksi desain mana yang terbaik dengan harga paling bersaing, bila perlu minta pendapat pasangan ataupun keluarga mengenai desain kartu undangan yang hendak anda pesan.

Hindari Peak Season Pernikahan

Setiap tahun pastinya ada waktu dimana banyak pasangan melangsungkan acara pernikahan dimana hal ini sering disebut sebagai peak season/ puncak musim. Sudah menjadi hukum ekonomi apabila permintaan meningkat maka harga pun akan naik.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, trend menikah pada tanggal cantik semakin digandrungi misalnya pada tanggal 12 Desember 2012, atau 20 Oktober 2010 dan lainnya.

Sama halnya biaya jasa Event Organizer pun akan merangkak naik, jika anda memilih tanggal cantik untuk melangsungkan pernikahan Yogyakarta. Jadi solusi terbaik yang bisa anda lakukan ialah menghindari peak season pernikahan, dalam hal ini tentu saja harus didiskusikan bersama keluarga kedua belah pihak mempelai. Dalam adat Jawa mungkin, ada tanggal baik dan tanggal buruk berdasarkan Primbon pernikahan maka hendaknya dari jauh jauh hari anda bersama pasangan memikirkan hal ini. Bila perlu booking Event Organizer beberapa bulan sebelum hari pernikahan supaya dapat tarif yang lebih murah.

Demikianlah beberapa cara atau tips untuk menghemat biaya pernikahan, besar kecilnya persentase biaya yang terpangkas tergantung dari strategi yang anda lakukan dalam setiap post pengeluaran, namun biasanya dengan mengikuti semua tips yang sudah dijelaskan diatas maka anda setidaknya bisa menghemat 15 hingga 30 persen biaya pernikahan.

Pernikahan Yogyakarta menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin merayakan hari kebahagian menjadi pasangan suami isteri dengan tidak meninggalkan unsur budaya didalamnya. Dengan membaca tips yang diberikan pada artikel ini maka diharapkan bisa memberikan manfaat buat anda yang mungkin saja saat ini berencana menikah.

Mantapkan keputusan anda demi menyosong kehidupan baru yang berbahagia.

Leave a Comment: