facebook_pixel

Jika membahas tentang liburan ke Yogyakarta, maka biasanya yang menjadi topik pembicaraan yaitu kemegahan Keraton Kesultanan atau jajanan murah dan lezat di Malioboro dan tempat wisata menarik lainnya yang ada di Yogya. Namun bagi anda yang sudah sering menghabiskan liburan di Yogyakarta tentu saja sudah merasa jenuh dengan hal tersebut.

Apabila anda menjelajahi Yogya secara keseluruhan maka masih banyak hal menarik di Yogyakarta dan spektakuler yang bisa anda lakukan selama liburan kesana. Hal atau kegiatan menarik yang akan dijelaskan pada artikel ini termasuk masih jarang diketahui oleh wisatawan sehingga akan memberikan pengalaman luar biasa kepada anda dan berikut ini hal terbaik yang bisa anda lakukan selama berlibur ke Yogyakarta.

12 Hal Menarik Yogyakarta Favorit Wisatawan

Dibawah ini akan dijelaskan 12 tempat/ hal menarik di Yogyakarta yang bisa anda lakukan guna mendapatkan pengalaman langka dan berkesan.

Gondola Ekstrim Pantai Timang

Bagi pencinta kegiatan ekstrim maka wisata unik dengan menyebrangi laut dengan Gondola tua bisa anda coba rasakan. Berlokasi di pantai Timang dan disana anda bisa melihat tali yang mengantung menghubungkan daratan utama dengan pulau karang membentang sejauh ratusan meter dengan gondola diatasnya. Setiap pengunjung yang ingin menyebrang ke pulau karang harus menaiki gondoloa tua tersebut. Sensasi adrenalin begitu terasa saat anda melihat deburan ombak dibawah sana dan gondola yang anda tumpangi bergoyang tertiup angin.

wisata-alam

Sumber Gambar : blog.misteraladin.com

Pentas Sendratari Ramayana

Biasa mengunjungi Candi Prambanan di siang hari? Maka anda bisa mencoba mengunjungi-nya di malam hari saat pantas Sendratari Ramayana digelar. Cerita epik ramayana dengan sempurna dilakukan oleh sekelompok penari yang diiringi oleh lantunan gamelan sehingga nuansa budaya begitu kental dirasakan wisatawan saat menyaksikannya. Gerakan akrobat penari, tata cahaya serta suara gamelan membuat pertunjukan pentas Sendratari Ramayana sayang untuk anda lewatkan begitu saja.

Pentas Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet yang dipentaskan setiap malam dapat Anda temukan di dalam kota, tidak jauh dari pusat kota. Tepatnya di Jl. Brigjen Katamso. Di komplek Mandira Baruga (dulu Purawisata) digelar Ramayana Ballet yang telah dipentaskan setiap malam sejak tahun 1976.

Berkunjung ke Desa Giriloyo

Hal menarik di Yogyakarta lainnya yang bisa anda coba yakni berkunjung ke desa Giriloyo. Disana anda bisa menjadi pengrajin batik dadakan yang membuat motif batik secara tradisional. Jadi nantinya anda tidak hanya melihat proses pembuatan batik tulis, melainkan ikut serta membuat batik sendiri. Suasana di desa Giriloyo begitu tenang dan kesan tradisional begitu nyata, anda bisa mendapatkan pengalaman berharga yang sulit dilupakan.

Melihat Sunset Dari Atas Pohon Pinus

Ingin menikmati keindahan alam Yogyakarta dengan suasana santai yang tenang? Maka anda bisa mencoba duduk diatas dipan kayu yang terletak diatas pohon Pinus Kalibiru.

sunset pohon pinus

Sumber Gambar : blog.misteraladin.com

Untuk bisa naik keatas pohon, anda akan dipadu oleh tim profesional yang menjamin keselamatan anda selama berada diatas pohon pinus. Waktu terbaik saat sore hari sambil menunggu sunset, anda bisa mengabadikan suasana sunset dengan kamera ataupun video.

Kerajinan Perak Kota Gede

Kota Gede merupakan daerah tingkat 2 atau ibukota Kabupaten yang berada tidak jauh dari kota Yogyakarta. Disana anda bisa berburu kerajinan perak dengan berbagai bentuk dan ukuran, sebut saja seperti kerajinan perak berbentuk candi borubudur, kapal pinisi dan lainnya. Desain kerajinan perak berkualitas tinggi dengan bahan perak terbaik sehingga tidak heran apabila berharga cukup mahal. Pembeli bisa memesan secara khusus bentuk/ desain tertentu kepada pengrajin.

kota gede

Sumber Gambar : travel.grivy.com

Panjat Tebing di Pantai Siung

Bila anda hobi dengan olahraga panjat tebing maka bisa mendatangi pantai Siung yang berada 70 kilometer dari pusat kota Yogyakarta atau anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam untuk tiba disana. Saat tiba di kawasan pantai Siung, rasa lelah dan penat selama perjalanan akan sirna karena panorama alam yang indah memanjakan mata, laut yang biru, pasir putih ditambah hamparan tebing terjal menjulang tinggi siap menguji adrenalin.

Panjang tebing di pantai Siung memang tidak terlalu tinggi yakni dengan tinggi maksimal mencapai 15 meter, namun ada sensasi lain yang bisa anda rasakan yakni panjat tebing dengan tampilan pemandangan laut dengan ombak yang lumayan besar dan langit biru dengan hembusan angin cukup kencang terasa berbeda dengan panjat tebing biasa.

pantai siung

Sumber Gambar : calljack.co.id

Sand Boarding di Gumuk Parangkusumo

Gumuk pasir berada di kawasan pantai Parangkusumo, disana hamparan pasir luas layaknya gurun bisa anda lihat. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mencoba Sand Boarding di gumuk Parangkusumo. Berselancar di atas pasir menjadi alternatif terbaik bila anda tidak mahir berselancar dengan ombak pantai. Bila anda berminat ingin merasakan sensasi dan pengalaman sand boarding dapat datang langsung ke gumuk pasir yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Membatik Kayu Desa Krebet

Batik kain mungkin sudah biasa, nah ada versi membatik unik yang tidak boleh anda lewatkan yaitu membatik dengan menggunakan media kayu di desa Krebet, kawasan bantul atau hanya berjarak 12 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Saat mengunjungi desa Krebet, anda dapat menyaksikan banyak panjangan dari kayu dengan motif batik mulai dari gelang, guci hingga topeng yang siap dijual kepada wisatawan.

Minum Kopi Joss Yang Legendaris

Bagi sebagian besar masyarakat kota Yogyakarta sudah tidak asing lagi dengan keberadaan kopi Joss karena selain menawarkan rasa manis mengoda, ternyata cara penyajian kopi joss juga tergolong unik. Bara api yang berasal dari arang dimasukan kedalam gelas menjadi pertunjukan menarik yang tidak anda temui di tempat lain.

Menurut penuturan sang pemilik, tujuan memasukan bara arang tersebut untuk menyerap racun pada minuman. Tertarik ingin merasakan kopi joss, silakan datang di kedai kopi Joss yang berlokasi sebelah utara jalan Malioboro.

Beringin Kembar Alun Alun Kidul

Hal menarik di Yogyakarta satu ini bernuasa mitos dan cocok untuk uji nyali. Konon menurut mitos yang beredar di masyarakat, bagi siapa saja yang bisa melewati celah diantara beringin kembar alun alun kidul kota Yogyakarta maka apa yang dicita citakan lekas tercapai. Anda hanya perlu berjalan antara 15 hingga 20 meter dengan mata tertutup. Kegiatan melewati celah beringin kembar ini lebih seru dan menantang apabila dilakukan pada malam hari.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu kegiatan menarik lainnya yakni mendaki gunung api purbakala Nglanggeran untuk melihat Sunrise dari atas ketinggian gunung. Persiapkan mental dan fisik anda sebelum menjajal kegiatan satu ini, dimana pada pukul 03.30 pagi anda harus mulai melakukan pendakian untuk bisa menyaksikan sunrise. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan panorama alam yang memukau tersebut bersama teman teman.

nglanggeran

Sumber Gambar : berkelana.net

Aksi Seniman Jalanan Malioboro

Berkunjung ke jalan Malioboro untuk belanja atau wisata kuliner rasanya tidak sempurna bila anda tidak mencoba menyaksikan pertunjukan menarik dari seniman jalanan Malioboro. Ada banyak seniman dengan kemampuan yang beragam mulai dari bernyanyi, melukis dan lainnya. Skill yang mereka pertontonkan benar benar berkualitas dan layak anda tonton.

seniman

Sumber Gambar : initempatwisata.com

Nah demikianlah rangkuman hal menarik di Yogyakarta yang bisa anda coba satu per satu saat berkunjung kesana. Melakukan hal menarik dan tidak biasa itu sangat mengasyikan, apabila dilakukan bersama teman teman. Tentu saja hal ini bisa membuat liburan anda menjadi moment yang tidak terlupakan. Itulah Yogyakarta, kota budaya yang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan khas tersendiri di mata wisatawan.

Leave a Comment: