facebook_pixel
Lima Objek Wisata Menarik Di Jogjakarta

Lima Objek Wisata Menarik Di Jogjakarta

M

engunjungi Jogjakarta akan sangat menarik jika Anda berjalan – jalan ke tempat – tempat wisata, baik yang ada di dalam kota Jogjakarta mapun yang berada di luar kota Jogjakarta. Sudah banyak yang menulis objek wiisata di Jogjakarta. Tapi beberapa objek berikut ini tidak kalah menarik dengan yang telah pernah dituturkan beberapa situs lain.

Gumuk pasir adalah pada dasarnya sebuah bukit atau gundukan terdiri dari pasir. Di banyak daerah pantai sangat penting untuk menjaga pasir ini utuh dan dalam kondisi baik karena mereka membantu melindungi pantai dan di rumah berkali-kali dari merusak gelombang. Salah satu cara untuk mempertahankan pasir adalah untuk menanam rumput dune.

Gumuk pasir ini merupakan obyek wisata Bantul yang sudah terkenal sejak lama. Letaknya sekitar 1,9 kilometer dari Pantai Parangtritis. Perlu Anda ketahui bahwa, gumuk pasir ini merupakan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Ini merupakan wisata langka yang wajib dijaga serta dilestarikan oleh warga setempat dan juga warga Indonesia. Gumuk pasir ini merupakan aset negara yang sangat berharga, karena keberadaannya yang sangat langka. Gumuk pasir ini berupa tumpukan pasir hasil aktifitas dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Di obyek wisata ini terkenal dengan olahraga sandboardingnya. Tentu informasi ini sangatlah minim. Anda bisa bertanya pada pendudukan di sekita objek wisata perihal gumuk pasir Parangkusuma. Masih ada banyak

Goa Cerme

Berikutnya adalah Goa Cerme. Anda yang menyukai wisata di dalam goa, Jogjakarta memiliki wisata goa yang terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Panjang obyek wisata Bantul ini mencapai 1,5 kilometer. Saking panjangnya, ujung goa tersebut berada di wilayah lain yaitu desa Ploso, Giritirto, Gunung Kidul.

Puncak Becici ini terletak di Dusun Gunung Cilik, Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul. Puncak Becici ini sekarang menjadi obyek wisata Bantul yang sedang kekinian. Banyak  muda-mudi yang datang ke Puncak Becici, mengambil foto selfie ataupun groupfie kemudian mengunggah fotonya ke media sosial, sehingga wisata ini menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu obyek wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Di Puncak Becici Imogiri ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan pohon pinus dipadukan dengan pedesaan dari atas bukit. Lokasi Puncak Becici yang berada di ketinggian ini merupakan spot yang tepat untuk menikmati matahari terbenam karena bukit ini menghadap ke arah barat. Letak Puncak Becici berada di kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan. Secara administratif, Alamat Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Pengembangan Wisata Puncak Becici ini dikelola secara langsung oleh masyarakat sekitar. Termasuk untuk pembangunan infrastruktur pendukung kegiatan wisata seperti lokasi parkir, papan petunjuk jalan, dan bangunan semi permanen dilakukan oleh swadaya masyarakat sekitar.

Dari puncak ini Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang mempesona ditemani dengan suasana sejuk dan aroma yang khas dari pohon pinusnya. Di sini juga tersedia rumah pohon yang menyajikan pemandangan sawah yang kehijauan dengan latar belakang Gunung Merapi.

Pantai Depok

Pantai ini merupakan destinasi yang menarik di Bantul. Dimana pantai ini menyajikan keunikan tersendiri berupa hampir semua warung makanyang ada di sini posisinya menghadap ke laut. Di obyek wisata Bantul ini Anda juga bisa menikmati beraneka ragam kuliner lautnya yang cukup terkenal dan harganya terjangkau.

Untuk menutup liburan Anda di Gunung Kidul ini, jangan lewatkan suasana malam di Bukit Bintang. obyek wisata Gunung Kidul ini terletak di jalan Yogya-Wonosari, jaraknya sekitar 15 kilometer dari Kota Yogyakarta. Di malam hari tempat ini begitu mempesona dengan menyuguhkan keindahan lautan lampu yang gemerlap dari Kota Yogyakarta.

Pantai depok juga memiliki petugas pantai (lifeguard) maupun Satuan Polisi. Keberadaan mereka cukup menenangkan apabila ada peringatan gelombang laut yang tidak bersahabat dengan wisatawan. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menginap, mereka dapat menginap di losmen maupun penginapan yang ada di kawasan Pantai Parangtritis maupun Parangkusumo.

Dipantai ini terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan yang yang bergerak dalam sektor penangkapan ikan laut, jasa perdagangan lau dan jasa pengolahan laut. Maka tak heran bila anda berkunjung ke pantai Depok ini anda akan melihat kegiatan dan aktivitas yang dilakukan nelayan di area TPI tersebut.

Jika anda mengamati, ada beberapa perahu motor cadik merapat ke pantai setelah semalaman melaut mencari ikan. Bila anda dekati perahu tersebut maka anda akan dapat melihat tumpukan ikan dalam perahu tersebut. Jika anda menginginkan ikan segar, anda bisa bertransaksi ditempat nelayan tersebut langsung dengan harga yang besaing dengan harga ikan di pasar

Sambil menikmati keindahan gemerlap lampu ini Anda bisa memesan secangkir teh hangat ataupun kopi yang telah tersedia di warung-warung yang ada di bukit ini. Tak heran jika suasana yang begitu romantis ini sering dimanfaatkan oleh muda-mudi untuk berkencan.

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Puncak ini menyajikan keindahan alam yang begitu eksotis. Menikmati keindahan bukit ataupun gunung dari ketinggian tentu sudah menjadi hal yang biasa untuk Anda. Menikmati keindahan laut dari pantainya juga hal yang sudah terlalu mainstream bagi Anda. Namun, bagaimana jika menikmati keindahan laut beserta pantainya dari puncak bukit, apakah Anda sudah pernah mencobanya? Jika belum, Puncak Kosakora ini menyajikan pesona keindahan laut yang bisa Anda lihat dari ketinggian.

Untuk jalan menuju Puncak Kosakora ini Anda memerlukan waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk sampai di puncaknya Anda harus berjalan kaki sekitar dua kilometer dengan jalan yang agak sulit. memang cukup jauh, namun perjuangan yang Anda lalui tidak akan sia-sia. Awal perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan dari pemukiman penduduk.Selanjutnya Anda akan disuguhkan indahnyapadang rumput yang luas.

Pesona dari Jogjakarta memang tiada duanya. Beberapa obyek wisata merupakan referensi wajib untuk liburan yang menyenangkan dan wajib Anda coba.

Image : JogjaPos.

 

Leave a Comment: