facebook_pixel
Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Bagaimana Menikmati Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Banyak orang yang ingin menikmati wisata di Jogja. Namun, persoalannya mereka hanya punya waktu satu hari berkunjung disana. Nah, bagaimana Anda bisa menghabiskan waktu 1 hari di Jogjalarta untuk berwisata. Sesungguhnya ada banyak paket wisata satu hari di Jogja yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata. Wisata sehari di Jogja yang umumnya disebut City Tour memiliki beberapa alernatif. Salah satunya adalah City Tour.

City Tour adalah suatu paket perjalanan wisata 1 hari di Jogjakarta yang umumnya sangat digamari, baik oleh wisatawan manca negara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnu).

Mengunjungi Candi Prambanan

Pada tour ini, Anda akan dijemput dari tempat Anda menginap (penginapan atau hotel) atau bahkan Anda dijemput di bandara jika Anda tiba di Jogjakarta pagi hari. Pastikan Anda memberikan informasi yang pasti dimana Anda akan dijemput oleh tim pengelola paket wisata 1 hari di Jogjakarta.

Dari sana Anda akan mengunjungi Candi Prambanan, yang lokasinya ada di sebelah timur kota Jogjakarta. Candi Prambanan atau yang dikenal candi Roro Jonggrang merupakan komplek candi Hindu tercantik dan terbesar di Indonesia. Candi diperkirakan dibangun pada abad ke- 9 masehi atu 850 masehi oleh Rakai Pikatan dari wangsa Sanjaya penganut agama Hindu. Oleh karena itu, Candi Prambanan adalah Candi Hindu. Bila Anda mengunjungi candi Prambanan akan melihat 3 bangunan candi utama yang dipersembahkan untuk Trimurti. Berada di sebelah kiri Anda adalah dewa Brahma sebagai dewa pencipta, di tengah adalah candi Siwa (dewa pemusnah),  di kanan Anda ada candi  Wishnu (dewa pemelihara). Seorang pemandu wisata akan menerangkan kepada Anda masing – masing dari candi yang ada di kompleks candi Prambanan. Dan di pagar langkan candi Shiwa dan candi Brahma ada cerita tentang Ramayana, cerita kisah cinta Rama dan Shinta. Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 masehi atu 850 masehi oleh Rakai Pikatan dari wangsa Sanjaya penganut agama Hindu.

Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Sumber Gambar : Antara

Mengunjungi Kraton Jogjakarta

Selanjutnya akan mengunjungi  Keraton Jogja. Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengku Buwono 1, setelah adanya perjanjian Giyanti, dengan arsitektur Jawa beserta filosofinya. Kraton Jogja merupakan kompleks bangunan yang sampai sekarang masih berfungsi sebagai rumah tinggal sultan dan menggelar acara tradisi kesultanan. Kraton Jogja difungsikan juga sebagai museum untuk menyimpan barang pemberian raja Eropa, gamelan, lukisan dan foto sultan terdahulu serta berbagai macam atribut keraton Yogyakarta.

Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Sumber Gambar : kebudayaanindonesia.net

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. Dan untuk itulah pada tahun 1995 Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mengunjungi Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar di dunia dan menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur diperkirakan dibangun abad 8 masehi pada masa puncak kejayaan wangsa Syailendra. Di Candi Borobudur ada 2.672 panel relief dan 504 arca Budha. Di sini Anda akan melihat bangunan megah yang telah berdiri lebih dari 1000 tahun.

Candi Borobudur diyakini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sailendra masa pemerintahan raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno dan selesai dibangun pada abad ke-8.banyak sekali misteri candi Borobudur yang belum terkuak ,apa sebenarnya nama asli candi Borobudur tidak ada prasasti atau buku yang menjelaskan dengan pasti tentang pembanguan Borobudur,ada yang mengatakan nama tersebut berasal dari nama samara budhara memiliki arti gunung yang lerengnya terletak teras teras ada juga yang mengatakan Borobudur berasal dari ucapan para Budha yang mengalami pergeseran satu satu nya tulisan yang menyebutkan Borobudur pertama kali adalah thomas Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang berjudul sejarah pulau Jawa. Para ahli sejarah memperkirakan Sir Thomas Stamford Raffles menyebut Borobudur dari kata bore dan budur, Bore artinya ialah desa sebuah desa yang terletak di dekat lokasi letak candi Borobudur ditemukan sedangkan budur artinya purba

Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Sumber Gambar : adamsexpresstravel.com

Sejarah berdirinya candi Borobudur diperkirakan dibangun pada tahun 750 masehi oleh kerajaan Syailendra yang pada waktu itu menganut agama Budha, pembangunan itu sangat misterius karena manusia pada abad ke 7 belum mengenal perhitungan arsitektur yang tinggi tetapi Borobudur dibangun perhitungan arsitektur yang canggih, hingga kini tidak satu pun yang dapat menjelaskan bagaimana cara pembangunan dan sejarah candi Borobudur.

Sejatinya Candi Borobudur berada di wilayah Jawa Tengah, Magelang. Nanun tak pungkiri, ada banyak wisatawan yang mengunjungi Borobdur melului Yogyakarta daripada lewat Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah.

Perjalanan ke Candi Boroburud dari Jogajakarta memakan waktu kurang dari 2 jam. Dari Jogajakarta Anda akan melwati beberapa kota seperti Muntilan, Magelang, beberapa desa yang indah karena pemandangan alamnya. Dalam perjalan tersebut Anda akan melewati dua buah candi sedang, yang itu Candi Mendut dan Candi Pawon.

Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Sumber Gambar : Wikipedia

Dalam paket perjalan ini Anda bisa memilih menggunakan pemandu wisata (guide) atau tidak. Silahkan hubungi operator wisata yang menjual paket tersebut, misalnya Paket Wisata Jogja 75. Dengan adanya guide yang memandu Anda, maka sang guide akan selalu menjelaskan setiap detail daro objek wisata yang Anda kunjungi tersebut. Misalnya, ketika berada di candi Prambanan, maka guide akan mengarahkan Anda untuk masuk pertama lewat candi Shiwa, bukan candi Brahma. Kenapa? Karena jika Anda akan melihat relief cerita Ramayana, kisah cinta Rama dan Shinta.

Kembali dari mengunjungi Borobudur, Anda akan diantar kembali ke penginapan. Jika Anda mengambil paket plus untuk malam harinya, ada juga beberapa paket wisata yang digabung dengan dinner. Bahkan paa malam hari Anda ditawarkan nonton Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet. Salah satu tempat yang menyajikan pertunjukan setiap malam adalah Mandira Baruga Purawisata. Pastikan Anda ditawarkan oleh penyelenggara tour untuk makan malam dan nonton Ramayana Ballet di komplek Mandira baruga Purawisata. Bahkan jika operator tour tidak memasukkan paket ini ke dalam paket yang Anda beli, Anda masih bisa pesan langsung ke kantor pemasaran Mandira Baruga Purawisata. Anda beruntung jika Anda bisa mendapatkan Voucher Diskon untuk nonton Ramayana Ballet. Karena Mandira Baruga juga mempersilahkan peminat untuk download Voucher di Eventbrite.Com.

Paket Wisata Satu Hari di Jogja

Sumber Gambar : amazingramayanaballet.com

Asumsinya hanya pesan tournya saja lewat penyelenggara wisata (biro perjalanan), tapi Anda berminat dengan makan malam dan nonton di Komplek Mandira Baruga; maka Anda bisa memesan kepada marketing office untuk menjemput Anda di hotel dan kembali diantar ke hotel ketika setelah nonton pertunjukan Ramayana Ballet.

Leave a Comment: